Rabu, 15 Februari 2012

Pencairan BOS Jatim Tercepat

SURABAYA - Jawa Timur masuk sepuluh besar daftar pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) paling cepat tingkat nasional. Bersama sembilan daerah lain, daerah ini sudah tuntas mencairkan BOS untuk triwulan pertama tahun ini. BOS itu sudah tuntas pada 9 Januari lalu.
Demikian disampaikan Ketua Tim Manajemen BOS Pusat, Budi Susetya, saat menyampaikan evaluasi BOS di Dinas Pendidikan Jatim, Jumat (10/2/2012). Tim ini menyampaikan apresiasi khusus kepada Jatim. “Ini patut menjadi contoh daerah lain. Dengan total dana BOS terbanyak di Indonesia,” kata Budi.
Total dana BOS seluruh Indonesia mencapai Rp 23,5 triliun. Jatim sendiri sebanyak Rp 2,6 triliun. Rinciannya, BOS SD sebanyak Rp 1,8 triliun, SMP Rp 862,2 miliar, dan  untuk cadangan BOS Jatim Rp 138,2 miliar.
“Dana cadangan ini untuk mengantisipasi tamabahan siswa baru atau pindahan siswa. Bisa jadi sekolah juga ditinggalkan siswanya karena pindah ke tempat lain,” kata Budi.
Untuk triwulan pertama yang sudah dicairkan pada 9 Januari lalu sebanyak   25 persen dari total dana BOS Jatim. Jatim menjadi daerah tercepat bersama Jabar, Jateng, DIY, Jambi, Sumbar, Banten, dan daerah lain. “Namun ada 30 daerah yang sampai sekarang belum mencairkan BOS triwulan keempat,” jelas Budi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar