Sabtu, 25 Februari 2012

Hari Ini, 286 Ribu Guru Ikut Tes UKA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA) bagi guru tidak akan selesai 2015 mendatang. Ujian bagi guru yang ingin mengikuti sertifikasi profesi tersebut tetap dilakukan setiap tahunnya.


 ”Pada 2015 itu kan hanya untuk guru-guru yang terdata sejak 2005 dan 2006 lalu. Tapi kan setiap tahun ada guru baru lagi. Mereka itu nantinya harus ikut UKA juga kalau mau disertifikasi. Makanya, tidak berhenti di 2015 saja,” tegasnya usai penyerahan program rehabilitasi sekolah rusak di Kemendikbud Jakarta, Jumat (24/2).


Nuh menambahkan, memang banyak pihak yang menentang rencana UKA tersebut. Tapi, jika dipelajari per kalimat dari Peraturan Pemerintah (PP) mengenai guru, ujian tersebut merupakan satu perangkat dengan sertifikasi. ”Pada dasarnya uji kompetensi ini seperangkat dalam proses sertifikasi. Itu satu sistem. Maka itu, saya masih punya landasan tidak salah dan harus kita lakukan,” tandasnya.


Dilanjutkannya, hari ini akan dilakukan UKA secara serentak. Sebanyak 286 ribu guru akan mengikuti tes yang diadakan kementerian bekerjasama dengan 10 perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut. ”Kita lihat besok. Apa ada yang keberatan. Apakah jawaban soalnya susah-susah, karena yang membuat bukan kementerian. Saya juga tidak tahu siapa yang membuat,” ujar Nuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar