Minggu, 04 Maret 2012

Ujian PAI Gunakan Standar Nasional


Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro, memastikan ujian Sekolah untuk Pendidikan Agama Islam (PAI) akan dilaksanakan sesuai standar nasional.

Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) Kemenag Bojonegoro, Yasmani kepada blokBojonegoro.com  mengatakan mata pelajaran yang diunaskan hanya membentuk sebagian kecil kecerdasan anak saja. PAI tetap memegang peranan penting agar setelah lulus, anak tidak hanya bangga dengan nilai yang bagus. Tetapi juga disertai moral yang bagus.

Ia menyebutkan, jadwal Ujian sekolah berstandar nasional untuk Pendidikan Agama Islam (PAI) akan dimulai pada 8 Maret 2012 untuk SMA dan SMK, sedangkan untuk SMP tanggal 17 Maret 2012 mendatang.

"Materi ujian akan disusun oleh tim tingkat kabupaten dengan presentasi 75 persen, sedangkan 25 persen oleh tim dari Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP), Sebab kita menggunakan kurikulum KTSP," kata Yasmani.

Sekarang ini pemerintah sedang mengkampanyekan tentang pendidikan berkarakter. Dengan harapan kenakalan remaja dapat dieliminir dan membentuk remaja yang berkualitas. Sebab ketika berbicara tentang kenakalan remaja, maka yang berperan adalah dunia pendidikan.

Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) mengadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SMP, SMA, dan SMK Negeri/Swasta.

Hal tersebut juga berdasarakan dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional Bab XVI Pasal 57.

"Calon peserta UN sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Agar tidak hanya sibuk dengan persiapan UN, tapi juga menyiapkan ujian sekolah," himbaunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar