Rabu, 04 Juli 2012

Pelajar Berprestasi Terima Beasiswa SG Peduli Pendidikan


Sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT Semen Gresik (PT SG) di tengah-tengah masyarakat, PT SG senantiasa berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat sekitar dengan triple bottom lines-nya, yakni ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan misi perusahaan yang menyatakan bahwa Semen Gresik memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan stakeholders, terutama kepada masyarakat sekitar, karyawan dan para pemegang saham.
Komitmen dari misi tersebut selanjutnya direalisasikan melalui langkah-­langkah strategis yang salah satunya adalah terwujudnya program SG peduli pendidikan, yang didalamnya pemberian bantuan pada dunia pendidikan guna meningkatkan mutu SDM daerah. Bantuan tersebut meliputi bea siswa dan perlengkapan sekolah. Bea siswa tersebut diberikan kepada 1.908 siswa dari Kabupaten Tuban dan Kabupaten Gresik.
Program peduli pendidikan diperuntukkan bagi siswa dari keluarga prasejahtera yang berprestasi berdasarkan data dari sekolah masing-masing. Dalam hal ini SG melibatkan kepala sekolah agar penyerahan tepat sasaran. Tujuan  program ini untuk meningkatkan kualitas dan memberikan motivasi bagi siswa, sehingga muncul siswa-siswa berprestasi yang dapat menjadi kebanggaan daerah atau nasional.
Sementara beasiswa perlengkapan sekolah diberikan kepada siswa mulai tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA/ SMK serta siswa di Lembaga Bimbingan belajar di Kabupaten. Gresik dan Tuban. Jumlah siswa yang mendapat beasiswa perlengkapan sekolah dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Tahun ini sebanyak 227 untuk sekolah di wilayah Tuban dan 124 sekolah di Gresik. Penyerahan beasiswa juga didampingi oleh Guru dari  masing-masing sekolah.
Dengan rincian Kabupaten Gresik berjumlah 636 siswa terdiri dari 3 kecamatan, meliputi  Kecamatan Kebomas, Kecamatan Manyar dan Kecamatan Gresik, mulai tingkat sekolah dasar (SD) berjumlah 435 siswa, sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 105 siswa, dan sekolah menengah atas (SMA) 96 siswa.
Kabupaten Tuban berjumlah 1.218 siswa terdiri dari 5 Kecamatan yang meliputi: Kecamatan. Merakurak, Kecamatan Kerek, Kecamatan. Jenu, Kecamatan Tambakboyo serta Kecamatan. Tuban. Sekolah dasar (SD) sebanyak 930, sekolah menengah pertama (SMP) 168, dan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak120 siswa.
“Dari tahun ke tahun jumlah yang kami berikan selalu meningkat, dan akan selalu kita tingkatkan sesuai kemampuan yang ada, kalau tahun lalu sekitar 1.800 penerima biasiswa program SG peduli pendidikan, dan tahun ini hampir 2000 siswa,” kata Direktur Produksi PT SG, Suparni, dalam acara penyerahan beasiswa di Gedung Graha Sadiya, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Selasa (20/6).
Dikatakan Suparni, apabila ditotal bantuan bea siswa Semen Gresik Peduli Pendidikan untuk siswa di Kabupaten Tuban dan Gresik pada tahun 2012 sebesar Rp. 1.797.150.000,00.
Suparni menjelaskan, jumlah dana pendidikan yang diberikan PT SG menempati porsi terbesar yakni 40% dari total dana corporate social responsibility (CSR) yang ada.
“Kita menyadari dunia pendidikan ini memang banyak yang perlu dikerjakan, disisi lain banyak juga siswa yang perlu poerhatian sehingga perlu adanya konsentrasi lebih besar kesana,” jelas Suparni sambil berharap kegiatan ini akan berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar