Rabu, 04 Juli 2012

Nilai UN SD/MI Tertinggi Didominasi Sekolah Pinggiran


Nilai tertinggi hasil ujian nasional tingkat SD/MI  didominasi sekolah desa dan kecamatan, hal tersebut mematahkan anggapan bahwa sekolah di tingkat desa atau kecamatan adalah sekolah yang tertinggal.
Tapi, realitanya tak selamanya sekolah swasta atau sekolah pinggiran yang berada di Desa atau Kecamatan tak lebih baik dibanding sekolah favorit yang berada di kawasan perkotaan.
Hal itu terbukti dengan Hasil Nilai Ujian Nasional (HNUN) tingkat SD dan MI dengan nilai tertinggi yang didominasi sekolah-sekolah swasta dan pinggiran, bukan yang berada di lingkup pusat kota.
“Tahun ini memang HNUN didominasi sekolah swasta yang berada di luar lingkup kabupaten atau kota,” kata Tarno, Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Senin (18/6).
Dikatakan Tarno, dari nilai rata-rata yang didapat sekolah-sekolah, kebanyakan tertinggi diraih sekolah di pedesaan. Ada pun Nilai Ujian Nasional tingkat SD pada tahun ajaran 2011-2012, nilai tertinggi diraih SDN Ngrojo, Kecamatan Bangilan, atas nama Irka Vil’um Yurdillia dengan dengan nilai 29,55. Sedangkan untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) diraih MI Salafiyah Mandirejo, Kecamatan Merakurak, atas nama Tsabita Ihsan dengan nilai 29,15.
Selain tertinggi pertama. peringkat dua dan tiga juga diraih oleh sekolah yang berada di kawasan pedesaan.
Berdasar data yang dihimpun menyebutkan, untuk peringkat dua dan tiga ini juga didominasi oleh sekolah-sekolah yang berada di desa-desa dan Kecamatan, Ada 5 anak dengan nilai sama yang menjadi peringkat dua. Dari Kecamatan Palang dan Kecamatan Jenu, dengan HNUN 29.30. Dan peringkat tiga, Kecamatan Palang, Jenu dan Jatirogo dengan HNUN 29,15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar